Install Ulang Virus Belum Hilang


Assalamu'alaikum Wr. Wb

lama tak berjumpa lagi kawan  TBlog Komputer. pada kesempatan ini saya akan membicarakn tentang sebuah masalah yang sering di hadapi oleh banyak orang, baik teknisi kemputer  itu sendiri, dan kawan-kawan sekalian. tentunya yang akan dibahas kali ini adalah terkati pertanyaan orang-orang tentang "Kok laptop udah di install ulang masih aja bervirus ??" kata syapa ?. Pada beberapa kasus ini, orang-orang sering mengabaikan beberapa hal yang harus di perhatikan dan dipahami sebelum menyelesaikan masalah ini. 

hal yang harus di perhatikan dan diketahui adalah tentang apa itu penyimpanan (Hardisk) dan bagai mana fungsinya terhadap komputer. Penyimpanan itu sendiri memiliki arti yang sebenarnya tidak terlalu luas, yaitu tentang ruang, tempat, kosong, berisi, bagian yang rusak (bad sector), dan pengganggu (virus / Mallware)). File sistem operasi (SO) baik  GUI atau CLI, diakses melalui penyimpanan dan diproses secara aritmatika pada perangkat tambahan seperti RAM, PROCESSOR dll. 

pada kasus ini, laptop/komputer tidak sepenuhnya bermasalah ketika proses instalasi telah selesai namun masih tetap bervirus, hal ini disebabkan oleh penyimpanan yang telah terinfeksi oleh Mallware. tipe malware itu sendiri tidak dapat merusak perangkat seperti RAM yang hanya bisa menyimpan data registrasi pada saat arus sedang aktif, namun pada penyimpanan.

bagaimana dengan proses instalasi OS yang telah melibatkan sebuah proses yaitu FORMATING data, namun kenapa masih terdapat Virus disana ?. jawaban dari pertanyaan ini adalah, "ada beberapa partisi yang terdapat dalam komputer anda ? dan bagaimana anda beraktivitas dengan partisi-partisi hardisk anda ? apakah ada kemungkinan virus bisa masuk pada partisi selain partisi file system OS (tergantung bagaimana aktivitas anda ) !"

anda pastinya tidak mengerti kenapa virus bisa berpindah dari 1 partisi ke- partisi yang lain (dalam 1 lingkup device), tentunya anda juga harus memikirkan, bagaimana virus bisa masuk ke hardisk anda padahal berbeda device.

untuk menjawab permasalahan tersebut, silahkan ikuti langkah yang cukup rumit dibawah ini : 
  1. kondisi yang sangat poor (buruk) adalah laptop/Komputer benar-benar sangat bervirus. Jika anda memilih untuk menginstal kembali, sebaiknya anda membersihkan hardisk terlebih dahulu melalui tahap scaning external,
  2. Siapkan Alat-alat seprti : Obeng Set, SATA  3.0 / 2.0 USB  (Cover Hardisk External), 1 Buah Laptop yang Bersih,
  3. Buka hardisk laptop anda. jika anda merasa bingung, silahkan cari tutorial membuka Laptop / PC anda sesuai dengan Merk dan Versi Laptop Anda di  google atau di Bing
  4. Setelah Hardisk terbuka. Pasang hardiks tersebut anda pada SATA 3.0 / 2.0 USB (Cover Hardisk External) lalu Hubungkan dengan Laptop yang bersih ( pastikan laptop yang bersih tersebut memiliki Anti Virus yang benar-benar bisa membantu),
  5. setelah terhubung dengan Laptop 2 (laptop bersih). lakukanlah Proses Scan FULL pada hardisk anda dengan antivirus yang di rekomendasikan. lakukanlah satu per satu pada masing-masing partisi hardisk anda. 
  6. jika proses scan telah selesai, hapuslah semua virus pada hardisk anda. 
  7. Format partisi yang anda yang sebelumnya digunakan untuk menyimpan File System OS, ini bertujuan agar mempermudah proses instalasi nanti. 
  8. jika proses format selesai, pastikan kembali partisi lain yang belum discan agar di scan kembali. Jika anda merasa tidak yakin, alangkah baiknya anda memback up seluruh file penting anda pada Laptop 2. lalu kembalikan Hardisk anda pada kondisi Zero partisi (tanpa partisi - jika perlu). partisi kembali setelah proses instalasi OS selesai. lihat Cara Mempartisi Hardisk 
  9. jika proses di atas telah selesai,  pasang kembali hardisk anda pada PC / Laptop anda.
  10. lalu install kembali OS anda.
  11. setelah intalasi OS Selesai, di rekomendasikan bagi anda untuk menginstall Antivirus yang anda yakini untuk kenyamanan anda kedepannya. 
  12. pastikan laptop anda memiliki Antivirus yang baik, seminimal mungkin anda dapat menggunakan OS anda dengan waktu yang lama dan pastinya tahan dari Malware. 
Pastinya anda akan bertanya, kenapa tidak instal saja langsung lalu mendownload antivirusnya nanti. namun sebagai seorang tekhnisi jawaban saya adalah "jika anda ingin menjunjung sebuah kenyamanan yang berarti, maka lakukanlah hal rumit namun benar-benar memiliki hasil yang maksimal"  

demikian solusi yang dapat kami berikan. jika anda merasa belum puas silahkan tinggalkan pesan di Komentar. 24x2 jam saya akan membalasnya. Semoga Bermanfaat. (*Mtp)

-Taufan Blog Computer- 

Komentar

  1. Tlg rekomendasikan Antivirus apa yg bagus mas taufan... ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba AVG mas ^^ saya sudah lama ndak inul sejak pake AVG.

      Hapus
  2. deep freeze insaallah bisa mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, itu bisa di gunakan,
      tapi saya sedang memeberikan solusi kepada permasalahan utamanya,
      "setelah di install ulang"

      Hapus
  3. Deep freeze penuh pengorbanan.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, itu bisa di gunakan,
      tapi kami sedang memeberikan solusi kepada permasalahan utamanya,
      "setelah di install ulang dari sebelumnya terkena virus, dan masih bervirus walau sudah di install ulang"

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini